Web Hosting

Saturday, November 21, 2009

Tomohon Siapkan Soal Ujian CPNS Sendiri

Potensi kecurangan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di beberapa kabupaten/kota di Sulut mulai tercium. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut sebagai penanggungjawab pembuatan soal CPNS se Sulut mengungkapkan Pemkot Tomohon membuat soal seleksi CPNS sendiri.

‘’Padahal, dalam dua kali pertemuan bersama, seluruh BKD kabupaten dan kota dengan provinsi telah sepakat penyusunan soal dilakukan oleh tim independen. Begitu pun dengan pencetakan,’’kata Sekretaris BKD Sulut Flora Krisen, SH MH kepada wartawan.

Namun kenyataannya, menurut seorang panitia seleksi CPNS Pemprov Sulut, Pemkot Tomohon sekira empat hari lalu menyatakan akan menyusun soal sendiri. Tapi Pemkot Tomohon tidak menyatakan siapa tim penyusun.

Sialnya Pemprov Sulut sudah menggandakan soal CPNS sejak Jumat (13/11) lalu. Terpaksa panitia Penerimaan CPNS Pemprov Sulut langsung membatalkan pencetakkan soal untuk Kota Tomohon.

‘’Panitia Pemkot Tomohon juga menyatakan akan memeriksa sendiri lembaran jawaban CPNS,’’ungkapnya.
Ternyata bukan hanya Kota Tomohon, panitia seleksi CPNS Minahasa Selatan (Minsel) dan Kabupaten Minahasa telah mengajukan permintaan akan memeriksa sendiri hasil tes CPNS. Dua kabupaten ini sudah mengirimkan surat resmi. Alasannya, sudah dua tahun berturut-turut kedua kabupaten tersebut melaksanakan seleksi CPNS. Konfirmasi kedua BKD belum bisa dilakukan.

Sekprov Sulut Robby Mamuaja terlihat pasrah. Meski dia merestui permintaan tersebut, tapi Mamuaya memberi catatan pengawalan diperketat.

‘’Anehnya beberapa kabupaten/kota yang lokasinya jauh malah tak kerepotan membawa lembaran jawaban CPNS untuk diperiksa di BKD Sulut,’’tandasnya.

Informasi BKD Tomohon menyusun soal sendiri dibantah Sekkot Tomohon Jhony Mambu. Semua soal CPNS tahun 2009 diambil dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN). “Itu tidak benar. Soalnya dari BKN,” katanya ketika dikonfirmasi.

Menurut Flora, BKN hanya memberi panduan, selanjutnya panitia daerah meramu soal dengan melibatkan tim independen. ‘’Ketentuannya soal disusun tim diluar panitia,’’katanya.

Sementara itu, tes CPNS yang tersisa 3 hari lagi memacu 3.865 CPNS yang lulus ujian berkas mempelototi buku dan bekas soal tahun sebelumnya.

Panitia Pemprov Sulut mulai disibukkan dengan penetapan lokasi ujian di empat tempat berbeda. Di Kantor Gubernur Sulut ada dua tempat yakni Ruang Huyulah dan Auditorium Mapalus. Dua lokasi lainnya di SMA Negeri 1 dan SMK N I Manado. Semua kelas di dua sekolah tersebut akan terpakai semua. Di SMK N 1 sebanyak 37 kelas dan SMA N 1 33 kelas ditambah hall. “Di sekolah-sekolah, masing-masing kelas akan diawasi oleh guru,” kata Flora. Bukan hanya guru, staf BKD dan Polisi Pamong Praja (Pol PP) pun akan dikerahkan. Masing-masing sekolah akan ditempatkan empat staf BKD dan empat Pol PP ditambah seorang penanggung jawab.

Flora mengatakan pihaknya belum menata ruang ujian. Ini karena ruang kelas di sekolah maupun Huyulah dan Mapalus kemungkinan masih akan digunakan Senin (23/11) nanti. “Siang atau sore baru kita atur dan tempel nomornya,” ujar Flora.

Sepenuhnya Flora menjamin kelancaran ujian tulisan itu. Hanya, ia mengimbau semua peserta menyiapkan diri. Mulai dari perlengkapan tulis termasuk kartu ujian dan bukti identitas diri. “Yang penting juga datang satu jam sebelum ujian,” sarannya. Ujian 24 November nanti akan dimulai tepat pukul 08.30 Wita yang digelar secara serentak.

Materi ujian berupa tes kompentensi dasar antara lain terdiri dari beberapa materi seperti hukum, pertahanan keamanan, sosial budaya, dan pengetahuan umum. “Media Massa juga bisa jadi bahan pembelajaran,” tambahnya.

Panitia memberikan waktu 120 menit bagi peserta untuk mengisi biodata dan 100 nomor soal. “Jadi waktu dua jam itu sudah termasuk waktu untuk mengisi biodata. Kalau terlambat kan akan kehilangan banyak waktu,” jelasnya.

Kelulusan peserta kata Flora ditentukan kesiapan diri. Panitia tak memiliki kewenangan apa pun untuk mengupayakan lulusnya peserta. “Jadi yang bisa menolong peserta adalah diri mereka sendiri,” pungkasnya.

Soal Ujian CPNS
Tes Kompetensi Dasar
- Hukum
- Pemerintahan
- Ekonomi
- Pertahanan Keamanan
- Sosial Budaya
- Pengetahuan umum
- Psikotes
- Matematika
- Bahasa Inggris
Catatan: Soal terkadang diambil dari berita-berita media baik konten lokal, nasional, maupun internasional.

Blog Archive