Web Hosting

Monday, November 16, 2009

Menpan Isyaratkan Akan Batasi Penerimaan CPNS

Manado-TRIBUNeMANADO

Pernyataan menarik terkait rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilontarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Biro-krasi (Menpan) EE Mangindaan.

Menurutnya, penerimaan CPNS tahun mendatang bakal diba-tasi. Pertimbangan kebijakan tersebut, menurut Lape-demikian sapaan akrab Mangindaan, akan menghasilkan aparatur negara yang memiliki kompetensi dan kualitas terbaik. Dengan demikian, lanjutnya, jika setiap tahunnya terdapat 120 ribu pegawai yang pensiun, maka rekrutmennya cukup 80 ribu pegawai saja. “Kebijakan ini pasti akan menyudutkan saya, tetapi saya tidak peduli. Hal ini saya lakukan demi bangsa dan negara,” jelasnya saat berkunjung ke Pemprop Sulut, baru-baru ini.

Dengan melakukan restrukturisasi, lanjut Lape, akan berimbas positif bagi penataan kelembagaan mau pun kemampuan SDM. “Kinerja harus diperhitungkan. Selama ini, banyak didapati aparatur yang menganggur. Padahal, selain digaji mereka dituntut produktif,” ujarnya sambil menambahkan bahwa tantangan ke depan akan semakin kompleks. Untuk itu, standar pelayanan publik harus ditingkatkan.

Sementara itu, terkait banyaknya kepala daerah yang tidak berlatar belakang birokrat, Lape mengatakan bahwa hal itu akan mempengaruhi kinerjanya. Makanya tak heran jika kepala daerah tersebut dalam menjalankan pemerintahan kurang mengetahui administrasi pemerintahan.

“Makanya akan sangat baik, jika seorang kepala daerah itu merupakan birokrat,” imbuh mantan Gubernur Sulut ini. (komentar)

Blog Archive