Web Hosting

Monday, November 1, 2010

Menpan Memperketat Tes CPNS 2010

JAKARTA- Janji Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenneg PAN-RB) memperketat tes masuk CPNS tahun ini dibuktikan. Sebab Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang bertugas menyusun soal diwajibkan memasukkan formulir C1 alias tembusan daftar nilai peserta ke Jakarta (Badan Kepegawaian Negara dan Kemenneg PAN-RB, red). Hal ini ditegaskan Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) KemenPAN-RB Ramli Naibaho. "Ini untuk mencegah terjadinya permainan data oleh pemerintah daerah," katanya.

Dia menjelaskan, banyak laporan begitu hasil tes peserta CPNS diperiksa PTN dan diserahkan ke pemerintah daerah, sering terjadi kecurangan. Apalagi sistem pengumuman CPNS, hanya dicantumkan nomor dan nama tanpa nilai tes. "Kalau sebelumnya BKN hanya bisa menerima berkas CPNS yang diajukan BKD, tanpa tahu layak atau tidak CPNS tersebut. Sekarang BKN akan tahu kalau CPNS-nya tidak layak bila ada laporan dan ribut-ribut. Makanya mulai tahun ini, para rektor diminta mengirimkan daftar nilai CPNS ke BKN, selain ke Pemda," tutur Ramli, kepada koran ini, Minggu (31/10).


Dengan daftar nilai itu, lanjut Ramli, BKN akan membandingkan hasil pengumuman tes CPNS yang diajukan BKD. Nah, bila ada perbedaan antara pengumuman dengan daftar nilainya, BKN atas perintah MennegPAN-RB EE Mangindaan berhak menganulir nama yang tidak lulus. "Misalnya A sudah dinyatakan lulus, tapi dari daftar nilai, A nilainya di bawah B. Maka BKN akan mengganti nama A dengan B," ujarnya.

Diakui Ramli, cara ini akan menimbulkan masalah di daerah. Namun, semua akan berjalan aman kalau Pemda tidak melakukan permainan. "Kalau mau seleksi CPNS berjalan aman, ya ikut saja prosedur. Pemda harus jujur, jangan nomor orang yang lulus diganti dengan yang tidak lulus hanya karena ada kedekatan. Jangan berpikir juga cara-cara lama seperti itu akan bisa lolos, karena ada BKN yang akan menjadi satpamnya," bebernya. Dia pun mengimbau Pemda se-Sulut untuk bekerja sama dengan rektor di PTN, dan bukan pembantu rektor atau staf lainnya dalam menyusun soal serta memeriksa hasil tes CPNS. Hal ini untuk mencegah jangan ada kebocoran soal.

"Meski dosen sekalipun tidak boleh, yang harus diajak kerja sama ya rektornya. Karena rektorlah yang bertanggung jawab akan kualitas dan kerahasiaan soal," pungkasnya. Sementara itu, soal kepastian kapan dibukanya penerimaan CPNS di Sulut, tinggal menunggu formasi ditandatangani MennegPAN-RB EE Mangindaan.

"Informasi terakhir penetapannya tinggal ditandatangani MennegPAN," ujar Kepala Bidang Pengadaan dan Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Dra Olga Saisab, tadi malam. Tambahnya, jika sudah diserahkan ke Pemprov, akan langsung didistribusikan ke kabupaten/kota. Menurutnya, beberapa pekan terakhir ada revisi formasi CPNS untuk beberapa kabupaten/kota.

"Jadi kemungkinan besar pekan ini sudah ada penetapan. Hari ini kita akan melakukan kroscek dengan KemennegPAN," ujarnya.

Dia juga mengakui, persiapan rekrutmen sudah 100 persen. "Pokoknya tinggal menunggu penetapan MennegPAN. Jadwalnya sudah kita susun. Tapi soal waktu, itu masih tentatif, menyesuaikan dengan waktu turunnya penetapan," sambungnya, seraya mengatakan, bila sudah ada penetapan formasi, akan dilaksanakan pertemuan dengan BKD kabupaten/kota se-Sulut untuk kemudian dilaksanakan pengumuman penerimaan CPNS lalu tahapan penerimaan surat lamaran oleh Tim Pengadaan.

Hal senada diakui Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Sitaro Dantje Palar SH. Menurutnya, kabar terakhir dari KemennegPAN-RB, formasi CPNS akan disahkan pekan ini, dan langsung ke kabupaten/kota. "Rencananya formasi penerimaan CPNS akan diserahkan pekan ini," ujar Palar, kemarin. Plt Kepala BKDD Bolmut Asripan Nani mengaku, formasi CPNS Bolmut akan segera dijemput BKD Sulut pekan ini.

"Kemungkinan besar pekan ini penerimaan CPNS," ujar Asripan Nani. Di Minsel juga dikabarkan akan berlangsung pekan ini.

"Memang awal bulan ini pelaksanaan penerimaan CPNS," ujar Penjabat Bupati Minsel Drs Meiki Onibala, kemarin.

sumber: www.mdopost.com

Blog Archive