Web Hosting

Tuesday, November 9, 2010

Kuota Bertambah

Manado-Enam kabupaten/kota se-Sulut berhasil mendapatkan tambahan kuota pada penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) untuk tahun 2010 ini. Mereka adalah Bitung yang mendapat tambahan 45 kursi, Minut (50), Bolsel (47), Boltim (103), Mitra 25 kursi, sedangkan Kota Kotamobagu terbanyak dengan jumlah 136 kursi. Total tambahan kuota se-Sulut mencapai 406 CPNS.

Dari 406 tambahan yang diberikan Menpan, 192 di antaranya tambahan jatah bagi lulusan SMA/SMK. Sedangkan sisanya 214 kuota, diperuntukkan bagi lulusan S1 dan D3. Untuk 214 jatah S1 dan D3, bakal ditempatkan di Kota Kotamobagu 136 dan 53 di Boltim serta Minut 25 orang.

Namun sayangnya BKD di masing-masing daerah yang ketambahan kuota, sampai kemarin (08/11), menurut staf khusus MenPAN bidang Sosial Politik Drs Jhonny Lontaan, belum memasukkan formasi peruntukaannya. Padahal formasi sebelumnya yang diajukan baik dari propinsi mau pun kabupaten/kota telah ditandatangani oleh Menpan dan telah diambil oleh Jackson Lomban dari BKD Propinsi Sulut.

“Dari Kementerian PAN telah memberikan tambahan CPNS yang akan direkrut tahun 2010 ini dari jumlah persetujuan sebelumnya. Dari jumlah kuota tambahan yang diberikan didominasi peruntukannya bagi lulusan SMA/SMK plus. Maksudnya plus berarti mempunyai keahlian tambahan seperti kemampuan berbahasa Inggris atau komputer. Dan harus dapat dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga resmi. Bagi calon berijazah sarjana ada ketambahan juga, namun jumlahnya kecil, selain itu juga lebih diperuntukkan bagi tenaga guru dan medis,” papar Lontaan, Senin kemarin.

Tapi jadwal penerimaan bisa saja bergeser, bila pemerintah daerah lewat BKD tidak segera memasukkan formasi. “Sedangkan untuk formasi di luar tambahan telah disetujui dan ditandatangani pak menteri. Tapi sekarang masih ada ganjalan, karena kuota tambahan belum diberikan formasi peruntukannya, Bila telah dimasukkan, pasti segera ditandatangani agar pelamar tidak menunggu terlalu lama,” ujar Lontaan.
Guna mempercepat penerimaan CPNS, kata Lontaan, dimintakan agar BKD dapat lebih proaktif lagi menyusun formasi. Bila perlu BKD kota/kabupaten berkonsultasi dengan BKD propinsi mencari format sesuai kebutuhan. Mengenai kapan waktunya tes dilakukan, pihak Kementerian PAN menyerahkannya kepada propinsi sebagai koordinator, karena memang kewenangan ada di tangannya. Tapi terlebih dulu disarankan berkonsultasi juga dengan BKM regional di Makassar. Ini untuk mengantisipasi adanya calon yang berpindah-pindah, ikut tes di dua daerah yang berbeda.

sumber: www.hariankomentar.com

Kuota Tambahan CPNS
di 6 Kab/Kota se-Sulut
Kabupaten Mitra : 25 CPNS
Kota Bitung : 45 CPNS
Kabupaten Bolsel : 47 CPNS
Kabupaten Minut : 50 CPNS
Kabupaten Boltim : 103 CPNS
Kota Kotamobagu : 136 CPNS
Total : 406 CPNS

Blog Archive