Web Hosting

Monday, July 26, 2010

Penerimaan CPNS 2010 Segera Dibuka

MANADO- Pemprov dan Pemkab/Pemkot se-Sulut minus Minahasa siap-siap membuka lagi penerimaan CPNS tahun 2010. Ini dilakukan menyusul turunnya persetujuan dari Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), pekan lalu.

Menteri Negara PAN & RB EE Mangindaan menjelaskan, proses rekrutmen dan seleksi atau pengadaan CPNS tahun ini dilakukan guna mengisi kekosongan formasi. Formasi ini lowong disebabkan adanya PNS yang berhenti, meninggal dunia, dan adanya pengembangan/perluasan organisasi. "Pengadaan PNS dilakukan atas dasar kebutuhan, baik kebutuhan jumlah, mutu/kualitas pegawai sesuai kompetensi jabatan yang diperlukan," kata Mangindaan, Minggu (25/7).

Ia mewajibkan penerimaan CPNS ini diumumkan transparan dan seluas-luasnya. Sekurang-kurangnya 15 hari oleh pejabat pembina kepegawaian. Ini untuk memberi kesempatan pada seluruh WNI yang berminat. "Harus diumumkan di media lokal, nasional, dan website. Kementerian PAN & RB juga akan mengumumkan formasi di seluruh daerah di website Kemenpan agar bisa dilihat masyarakat Indonesia. Ini salah satu bentuk reformasi birokrasi dalam rekrutmen CPNS. Karena setiap WNI punya hak melamar di seluruh daerah asalkan punya kompetensi," bebernya.

Pendaftaran pelamaran, lanjutnya, diupayakan melalui online atau kantor pos untuk menghindari face to face. Untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam pelaksanaan seleksi, pemerintah berupaya mengarahkan dalam proses seleksi dari pelamar umur harus sesuai ketentuan yang mempunyai prinsip objektif, transparan, kompetitif, akuntabel, bebas KKN, tanpa intervensi dari pihak manapun, tidak diskriminatif dan tidak dipungut biaya apapun.
"Agar ada objektifitas dan akuntabilitas pelaksanaan pengadaan PNS pusat dan daerah terutama penyusunan soal berdasarkan kisi-kisi yang ditetapkan pemerintah dan pengolahan lembar jawaban komputer, maka pejabat pembina kepegawaian harus melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi negeri," jelasnya.

Pembuatan soal ujian dan pengolahan hasil ujian, terang Mangindaan, harus bekerja sama dengan perguruan tinggi setempat dan sepengetahuan rektor bersangkutan. Pengolahan hasil ujian dilakukan dengan komputer secara objektif yang disaksikan berbagai unsur termasuk masyarakat sipil, tanpa intervensi dari pihak manapun demi menghindari KKN.

Seperti diketahui, usulan formasi CPNS untuk Sulut, di 14 kabupaten/kota termasuk Pemprov, disetujui 3.816. Dari 15 kabupaten/kota di Sulut, hanya Minahasa yang tidak mengajukan formasi CPNS.

Untuk waktu pelaksanaan, menurut Onibala, masih akan menunggu Juknis lebih lanjut. “Yang pasti dalam waktu dekat. Tadi saya sudah lapor ke Sekprov. Pemprov akan mengkoordinir kab/kota sesuai UU 32 Tahun 2004 dan PP 19 Tahun 2010. Dan nanti akan kita umumkan,” kata Onibala.

Penerimaan CPNS tahun ini akan dilaksanakan serentak se-Indonesia. Pada prinsipnya, seleksi CPNS dilaksanakan sesuai kompetensi. “Jadi surat-surat, seperti ijazah, sudah bisa disiapkan. Pengumuman penerimaan CPNS ini dilaksanakan secara online dan bisa dilihat di website Kementerian PAN RB, sehingga terbuka untuk pelamar dari luar daerah.

Ini adalah wujud transparansi, sehingga masyarakat bisa melihat secara langsung. Untuk soal ujian, kita kerjasama dengan universitas. Itu yang dikoordinasi gubernur, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan kalau boleh, ujian hari itu, hasilnya diumumkan sorenya,” tambahnya.

sumber: www.mdopost.com

Blog Archive