Web Hosting

Wednesday, June 23, 2010

Gaji 13 Pemprov-Bolmut Cair

MANADO- Senyum mengembang di wajah Andris S, PNS di Biro Umum, Kantor Gubernur. Kemarin, dia bersama teman-temannya sudah menikmati Gaji 13. “Ini gaji saya sebenarnya yang tanpa potongan bank,” katanya seraya membocorkan karena punya kredit di bank, setiap bulan gajinya mengalami pemotongan. “Gaji 13 ini utuh,” tambahnya.

Pantauan koran ini, ruangan Tata Usaha Keuangan Pemprov banyak didatangi PNS mengambil Gaji 13. Para staf keuangan pun sibuk melayani. Sedangkan staf keuangan yang lain terlihat mengisi Gaji 13 di dalam amplop. “Sudah banyak yang ambil. Besok lebih banyak lagi,” kata Julius Tumilantouw, Bendahara Sekretariat (Benset).

Pemprov memang telah lebih dulu membayar Gaji 13 karena telah menerima juknis pembayaran sejak pekan lalu. Menurut Plt Sekprov Rahmat Mokodongan, Pemprov langsung melakukan pengurusan administrasinya karena harus secepatnya dibayar.

“Kalau ada satu dua SKPD belum membayar, itu karena agak lama menyiapkan administrasinya. Tapi harus tuntas satu dua hari ini,” ujar Mokodongan.
Sementara itu, menurut salah seorang staf di Benset, Gaji 13 itu sama seperti gaji bulanan yang diterima. Yakni, gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan beras, dan tunjangan jabatan. “Tapi tidak termasuk TKD,” kata Jetje, staf tersebut. “Gaji 13 ini tidak potongan, kecuali pajak untuk golongan III dan IV.

Sementara itu, menurut Kadis Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Bolmut Leopold Dalope, sebagian PNS sudah menerima bonus itu. “SKPD yang lain sedang mengurus pencairan di bank,” katanya.

Jika Pemprov dan Bolmut sebagian SKPD sudah merealisasikan Gaji 13, Pemkot Bitung akan menyusul besok. Sekkot Bitung Max Lomban menyatakan PPKAD sedang memproses administrasi masing-masing SKPD yang telah masuk. “Hari Kamis kami sudah mulai membayar,” ujar Lomban.

sumber: www.mdopost.com