Web Hosting

Wednesday, June 23, 2010

Formasi CPNS Diumumkan via Internet

JAKARTA— Proses perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai tahun ini akan dibuat beda. Yakni, formasinya akan diumumkan secara terbuka lewat situs Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).
”Dengan demikan setiap warga negara Indonesia bisa menetapkan pilihan mau melamar di daerah mana, tentunya sesuai kompetensi yang dimilikinya,” kata Deputi KemenPAN dan RB Ramli Naibaho. Menurutnya, kebijakan ini diambil berkaitan dengan reformasi birokrasi. "Untuk melaksanakan reformasi birokrasi harus mulai dari seleksi CPNS. Karena itu pemerintah akan mengumumkan formasi tiap daerah di website kami," tutur Ramli, kemarin


Pengumuman lewat website ini, lanjutnya, sebenarnya sudah dimintakan pusat ke daerah sejak tahun lalu. Namun, banyak daerah yang tidak melaksanakannya. Kebanyakan hanya diumumkan lewat media massa cetak dan elektronik lokal. Akibatnya, untuk formasi tertentu tidak ada pelamarnya.

"Tiap tahun selalu ada formasi yang kosong. Setelah kita cek, ternyata mekanisme penerimaan CPNS-nya yang salah. Sifat egois Pemda masih kental. Mereka maunya formasinya diisi oleh putra daerah. Padahal kan tidak begitu, kalau ingin maju daerah harus membuka diri dengan luar," jelas pria yang menjagokan Belanda dalam Piala Dunia ini.

Dengan diumumkannya formasi di website KemenPAN-RB, diharapkan tidak ada lagi formasi yang kosong. Hanya saja, Ramli mengaku, pusat masih terkendala untuk tanggal seleksi CPNS, karena pelaksanaannya tidak serentak. Lantaran masing-masing daerah punya perbedaan waktu penerimaan CPNS. "Kalau kita dapat info kapan seleksinya dibuka, akan tetap kita umumkan juga. Biar masyarakat tahu dan bisa menyiapkan dirinya," pungkasnya.
sumber: www.mdopost.com