Web Hosting

Wednesday, March 3, 2010

Tahapan Rekrutmen CPNS 2010 Dimulai

MANADO— Pemerintah dipastikan melakukan rekrutmen CPNS 2010 ini. Buktinya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengirimkan surat Nomor K26.30/V.21-9/99 tentang Pedoman Penyusunan Usulan Formasi CPNS 2010, tertanggal 28 Januari 2010, ke seluruh pemerintah daerah dan kementerian/lembaga.

“Kami sudah menerima surat dari BKN itu. Surat itu sebagai pedoman atau petunjuk teknis untuk pengusulan formasi CPNS 2010. Semua daerah dapat surat itu,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Jeffrey Korengkeng, kemarin.

Kepala BKD Minsel Drs Rolly Karamoj juga demikian. “Tahapannya memang sudah akan dimulai, sesuai dengan surat dari BKN itu,” ujarnya. Menurutnya, tahapan awal yang akan dilakukan sesuai instruksi BKN yaitu melakukan pendataan kebutuhan kepegawaian di daerah.
Korengkeng menambahkan, Pemprov Sulut kemungkinan sudah takkan mengusulkan formasi yang banyak seperti 2009 lalu. “Yang paling dibutuhkan sekarang adalah tenaga kesehatan seperti fisioterapi, dan dokter yang tidak terisi tahun lalu,” kata Korengkeng.

Bagaimana lulusan SMA untuk mengakomodir kebutuhan di Pol PP? “Nanti kita kaji lagi,” ujar Korengkeng. Formasi lain seperti teknisi komputer dan tenaga penatausahaan keuangan (jurusan akuntansi), yang awalnya paling dibutuhkan, kini dirasa sudah cukup.
Sejumlah daerah justru ‘membidik’ khusus formasi SMA, yang ditentukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPAN) paling tinggi 10 persen dari total usulan formasi. “Kalau bisa prioritaskan tenaga honda dan tenaga kontrak, bahkan juga diutamakan yang dengan lulusan SMA,” tegas Bupati Minsel Ramoy Luntungan. Makanya dia langsung menginstruksikan BKD untuk melakukan kajian atas surat dari BKN tersebut.

Karamoj menambahkan, saat ini sedang dilakukan pendataan soal tenaga honorer, dan kebutuhan formasi lainnya. “Yang diutamakan sekarang ini adalah tenaga honor yang sudah lama mengabdi di Minsel,” tegas Karamoj.
Pemkot Tomohon malah sudah jelas menyatakan akan menerima lulusan SMA, sesuai kuota 10 persen. BKD untuk sementara sedang mengkaji 539 formasi yang bakal diusulkan ke MenPAN. Yakni, usulan Diknaspora sejumlah 70, BKKBN 9 formasi, Disparbud 7 formasi, dan Dinkesos 101. BKD juga mengusulkan 8 orang untuk kelurahan, jadi ada 352 orang yang dibutuhkan untuk penempatan sebagai tenaga administrasi di kelurahan. “Mungkin ada sekira 50-an formasi yang akan diisi lulusan SMA,” kata Kepala BKD Tomohon Drs Alex Uguy. Dia mengatakan, tenaga administrasi di setiap kelurahan akan diprioritaskan bagi tenaga SMK dan SMA.

BKD Minut telah menerima Juknis itu sejak Senin (1/3). “Kami akan meminta usulan dari setiap SKPD selanjutnya dikirim ke MenPAN,” kata Jack Paruntu, Kabid Pengembangan Pegawai BKD Minut, kemarin.
Sementara Bitung yang akan mengusulkan 359 orang, berdasarkan pendataan kekosongan formasi 2009 dan tambahan 2010. Sekkot Bitung Max Lomban mengungkapkan, dalam usulan nanti, kemungkinan besar Bitung memprioritaskan lulusan SMK. “Untuk menghasilkan tenaga siap pakai,” ujar Lomban. Sedangkan untuk tenga kesehatan akan banyak direkrut karena Bitung kekurangan apoteker, perawat, dan dokter.

Kepala BKDD Bitung Ferdinand Tangkudung mengaku, dalam Juknis BKN itu banyak data yang diminta yang berhubungan dengan dengan kondisi kepegawaian daerah diantaranya pangkat, golongan, struktur dan profil daerah sebagai bahan kajian untuk pusat dalam menyetujui jumlah CPNS yang akan diterima.
Sedangkan BKD se- Bolmong Raya mengaku belum menerima Juknis dari BKN itu. “Tapi dari jauh hari kami sudah melakukan kajian formasi CPNS yang akan diusulkan ke MenPAN,” kata Kabag BKD Boltim Darwis Lasabuda.
sumber: www.mdopost.com