Web Hosting

Sunday, March 7, 2010

Peluang Lulusan SMA Dalam Penerimaan CPNS 2010 Masih Terbuka

MenPAN dan Reformasi Birokrasi, Letjen (Purn) EE Mangindaan mengatakan, peluang lulusan SMA diakomodasi dalam penerimaan CPNS 2010 ini, masih terbuka. “Saya kira mestinya ada. Masa cuma butuh juru ketik harus merekrut dari lulusan S1 atau S2. Namun peluang tersebut tidak kita pukul rata. Tetapi tetap kita beri kesempatan,” ungkapnya kepada Komentar, baru-baru ini.

Secara terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Propinsi Sulut Jeffry Korengkeng SH MSi mengatakan, dalam usulan formasi ke pusat nanti, pihaknya berencana untuk memperjuangkan lulusan SMA. “Lulusan SMA ini untuk mengisi formasi Satpol PP, yang pada 2009 lalu tak disetujui pusat,” tukasnya.

Terkait usulan dari daerah, Mangindaan menegaskan, agar usulan penerimaan CPNS 2010 dari daerah ke pusat, harus terbebas usulan fiktif. “Jangan ada laporan yang melanggar ketentuan,” tandasnya. Sejauh ini, pihaknya masih melakukan pembahasan terkait mekanisme penerimaannya. Yang pasti, penerimaan tahun ini masih mengakomodasi ketentuan yang lama.

“Kita tetap mempunyai prinsip, peraturan yang lama masih tetap diberlakukan. Tetapi ada perubahan sedikit tentang kehendak di bawah, itu masih dirapatkan,” tukasnya. Namun dia tidak merinci prinsip dan kehendak dari bawah tersebut. Hanya saja, dia menyesalkan rekrutmen tahun sebelumnnya, karena banyak ditemukan pelanggaran.

Soal itu, dirinya mengaku sudah memanggil pihak-pihak tersebut. Dia mencontohkan laporan tersebut di antaranya terjadi di Kotamobagu. “Semua pihak harus mengikuti aturan yang benar,”tandasnya. Selain itu, mantan Gubernur Sulut ini mengimbau agar daerah mengusulkan formasi harus melihat SDM-nya. “Jangan paksakan kehendak. Jika tidak maka daerah tersebut yang rugi,” katanya seraya menambahkan, untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya jauh-jauh hari daerah memberi informasi supaya pusat dapat mencarikan solusinya.

“Kalau diberitahu sebelumnya terhadap kekosongan tersebut, maka kita beri kesempatan propinsi lain yang mempunyai SDM yang dimak-sud untuk mengisi kekosongan itu. Kita tetap memberi peluang propinsi lain untuk mengisi kekosongan daerah yang dimaksud,” ulasnya. Dia mengumpamakan daerah tersebut tidak ada dokter gigi untuk mengisi kekosongannya, maka diberi kesempatan SDM daerah lainnya untuk mengisinya.

“Mari kita lihat betul- betul proporsional. Itu kita serahkan ke bawah. Daerah jangan memaksakan kehendaknya,” imbuh Lape, sapaan akrabnya. Sementara soal jadwal penerimaan CPNS, Mantan Ketua Komisi II DPR RI ini memperkirakan dilakukan bulan Juli mendatang. “Kemungkinan rekrutmen berlangsung bulan Juni atau Juli,” tukasnya.
Pada bagian lain, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Propinsi Sulut Jeffry Korengkeng SH MSi menegas-kan bahwa tahapan CPNS akan dimulai ketika pusat sudah menetapkan jumlah formasi. “Saat ini BKN baru meminta laporan kebutuhan formasi. Dan itu sedang kita persiapkan. Rencananya pada pertengahan bulan Maret ini, akan kita dikirimkan,” kata Korengkeng.

Khusus di lingkup Pemprop Sulut, Korengkeng mengata-kan bahwa jumlah formasi yang diusulkan ke BKN, tidak sebanyak pada tahun 2009 yang mencapai 387 formasi. Sementara untuk 2010 ini hanya sekitar 80-an formasi. “Memang tidak banyak, karena formasi yang diusulkan hanya memenuhi kebutuhan yang pada waktu lalu belum terisi,” tandasnya.

Sementara itu, pada pengisian formasi, BKD masih memberikan prioritas utama pada kebutuhan teknis seperti perawat dan pranata laporan. Sedangkan pranata komputer diperkirakan hanya sekitar dua hingga tiga orang saja. “Formasi terbanyak pada 2009 adalah pranata komputer. Dengan demikian hampir semua SKPD kebutuhannya sudah terpenuhi,” kuncinya.
sumber: www.hariankomentar.com