Web Hosting

Friday, March 5, 2010

Pemkot Tomohon Perketat Seleksi CPNS 2010

TOMOHON-Pemerintah Kota (Pemko) Tomohon memperketat seleksi formasi CPNS yang akan diusulkan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Tak semua usulan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) diakomodir, hanya kebutuhan mendesak yang diprioritaskan.


Sebab, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tomohon memprioritaskan kebutuhan pegawai di tingkat kelurahan. "Ini memang diprioritaskan sejak tahun lalu namun jatah SMK yang diberikan kurang dari yang dibutuhkan," ujar Kepala BKD Tomohon Alex Uguy, Kamis (04/03/10) kemarin.


Tahun ini pihaknya menargetkan 250 kuota untuk lulusan SMK. Jatah 250 kuota ini, kata dia, belum termasuk jatah 10 persen untuk lulusan SMA. "Jatah 10 persen untuk SMA itu sudah pasti. Ini tidak bisa ditawar lagi," tegas dia.


Namun, BKD tetap menunggu usulan formasi dari masing-masing SKPD, untuk dikaji dalam penyusunan formasi yang nantinya dibawa ke Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (MenPAN). "Sampai saat ini baru tujuh SKPD yang memasukkan usulan," tutur dia.


Tujuh SKPD tersebut adalah (BKKBN), Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud), Badan Lingkungan Hidup (BLH), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora), Dinas Kesehatan dan Sosial (Dinkesos), Badan Penanggulangan Bencana (BPB) dan Perpustakaan Daerah.


BKKBN meminta 21 kuota CPNS, Disparbud mengusulkan enam kuota, BLH meminta enam kuota, Dikpora meminta 68 jatah guru, Dinkesos meminta 105 kuota, BPB meminta 57 kuota, Perpustakaan Daerah meminta enam kuota CPNS.
Usulan masing-masing SKPD, kata Uguy, akan dipertimbangkan berdasarkan kebutuhan. Ini pun belum final, sebab keputusan akhir ada pada MenPAN. "Usulan ini akan dikaji lagi oleh MenPAN. Semua bisa berubah, sesuai dengan kajian yang dilakukan pusat," ujar Uguy.


Uguy menambahkan, hingga kini BKD masih menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) dari pusat. "Juknisnya baru saja turun dan masih di Wali Kota. Dari Juknis ini baru akan kita ketahui sampai kapan kesempatan bagi SKPD untuk memasukkan usulan," tambahnya.


Ia mengatakan, pihaknya menargetkan 520 kuota yang akan diusulkan ke BKD. ôKami masih membuka kesempatan bagi SKPD yang akan memasukkan usulan," ucap dia.


Di sisi lain, sejumlah warga mulai tak sabar menanti kepastian formasi dan jadwal penerimaan CPNS tahun 2010. "Kami ingin tahu jurusan apa saja yang dibutuhkan," ujar Dita, warga Talete. Ia berharap, Pemko membuka kesempatan bagi lulusan S1 dengan bidang ilmu Fisika.
sumber:www.tribunmanado.co.id