Web Hosting

Monday, April 11, 2011

Pemkot Tomohon Tetap Usulkan Formasi SMA/SMK

Meskipun Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB)menolak untuk mengakomodir formasi SMA/SMK, namun BKD Kota Tomohon tetap berupaya untuk mengusulkan formasi tersebut ke pusat.

"Formasi SMA/SMK tetap diusulkan meskipun memang keputusan akhir ada di tangan KemenPAN-RB," tegas Kepala Kepegawaian Daerah Kota Tomohon, Masna Pioh, S.Sos.

Usulan 103 formasi lulusan SMA/SMK untuk penerimaan CPNS tahun 2011 sendiri akan diposisikan pada jabatan-jabatan khusus, diantaranya pemandu wisata, staf penyuluh pertanian, teknisi mesin, arsiparis pegawai administrasi keuangan, polisi pamong praja, teknisi bangunan, teknisi listrik hingga polisi hutan atau jagawana.

"580 Formasi CPNS 2011 yang diusulkan ke pusat tidak sekedar usulan, tetapi akan diperjuangkan," sambung Mantan Camat Tomohon Selatan seraya menambahkan formasi yang diusulkan itu berdasarkan kebutuhan CPNS sekarang.

Mantan Kabag Umum Pemkot TOmohon ini menambahkan, untuk pelamar Diploma II hingga Stata I akan ditempatkan antara lain sebagai pustakawan, tenaga kultur jaringan, analisis data geologi, inspektur tambang, analisis dampak limbah industri, analisis laboratorium, apoteker, asisten apoteker, bidan dan dokter hewan.

Mengenai formasi SMA/SMK, Kepala Bagian Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tumpak Hutabarat sebelumnya memberikan penegasan bahwa Pemda diminta untuk tidak mengusulkan lulusan SLTA dalam formasi CPNS 2011.

Pasalnya, berdasarkan statistik jumlah PNS yang berasal dari SMA masih cukup banyak sehingga jumlah ini akan dikurangi pemerintah secara bertahap. Hanya saja, lulusan SMA masih memungkinkan dalam formasi CPNS, lewat jalur honorer tertinggal.

Karena berdasarkan verifikasi dan validasi honorer katogeri I (yang dibiayai APBN/APBD), banyak lulusan SMA.

"Kalau lulusan SMA yang merupakan honorer tertinggal bisa masuk dalam formasi. Namun tidak berlaku untuk formasi pelamar umum," ungkap Hutabarat seraya menambahkan pemerintah berencana merekrut sebanyak 100 ribu CPNS 2011 dengan pendidikan terendah adalah Diploma II (DII).

sumber: www.mdopost.com

Blog Archive