Web Hosting

Tuesday, October 5, 2010

Penerimaan CPNS SULUT Kemungkinan 11 Oktober Mendatang

MANADO-Kemungkinan besar penerimaan CPNS 2010 di Sulut mulai tanggal tanggal 11 Oktober pekan depan. Tanggal 8 Oktober, seluruh BKD di Sulut mengambil SK MenPAN dan Reformasi Birokrasi soal formasi CPNS, termasuk petunjuk pelaksanaan teknisnya.


Sekretaris BKD Sulut, Flora Krisen mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan undangan resmi itu. "Jadi SK dan Juknis ini sesuai undangan akan diambil semua BKD se-Sulut tanggal 8 Oktober," jelasnya, Senin (4/10/2010).


Selain itu, semua BKD di Sulut juga akan menerima bimbingan teknis (Bimtek) mengenai tata cara penerimaan CPNS 2010, selama sehari. "Tanggal 9 Oktober sudah kembali lagi ke Manado," sebut Flora. Selanjutnya kata Flora, BKD di Sukut akan rapat koordinasi bersama membahasa penyusunan jadwal dan penerimaan CPNS.
Dengan berpatokan pada Juknis MenPAN itu. "Jika tidak ada halangan, tanggal 11 Oktober sudah diumumkan secara resmi penerimaan CPNS 2010 sesuai dengan formasi yang disetujui Menpan, bersamaan dengan pengumuman jadwal tahapan penerimaan CPNS," jelasnya.


Soal pengangkatan tenaga honorer daerah, Flora menjelaskan, pelaksanaannya dengan pengaturan terpisah, dan tidak bersamaan dengan penerimaan CPNS. "Penerimaan Honda diatur sendiri. Datanya sudah kami kirimkan ke pusat," jelas Flora. Tahun ini, batas pengangkatan per 31 Desember 2005.


"Honda yang bisa diangkat adalah yang telah mengabdi setahun penuh secara terus menerus," sebutnya. Namun prosesnya kata Flora, data Honda tadi tetap akan melalui proses seleksi, validasi dan verifikasi. Lolos itu, sudah menunggu uji publik dari BKD setempat.


"Nantinya setelah itu baru kami lakukan uji publik, dan nantinya publik sendiri yang akan menilai layak tidaknya Honda diangkat menjadi PNS," kata Flora menjelaskan mekanisme pengangkatan Honda. Uji publik akan berlangsung selama 14 hari, terhitung sejak selesai tahapan verifikasi.
Berdasar data BKD Sulut, tahun ini usulan formasi CPNS di Sulut mencakup 15 kabupaten/kota sebanyak 3841 posisi. Khusus Pemprov Sulut mengajukan usulan sebanyak 128 tanpa formasi SMA.

sumber: www.tribunmanado.co.id