Web Hosting

Sunday, October 10, 2010

Penerimaan CPNS Mulai 12 Oktober

Proses seleksi penerimaan CPNS 2010 ini diusulkan akan dilakukan pada 12 Oktober pekan depan. Keputusan ini merupakan hasil rapat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut bersama kabupaten/kota bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN&RB), Jumat (9/10) kemarin.

“Hasil rapat bersama kabupaten/kota di KemenPAN tadi (kemarin, red), penerimaan CPNS akan diumumkan 12 Oktober,” ujar Plh Kepala BKD Sulut, Dra Flora Krisen, saat dihubungi, semalam.
Hanya saja, menurutnya, untuk finalnya, harus menunggu penetapan dari MenPAN&RB, EE Mangindaan. “Sebenarnya sesuai usulan, sudah bisa dilakukan tanggal 12, tapi karena harus sesuai penetapan MenPAN, jadi bisa saja bergeser,” tambahnya.

Asisten Deputi MenPAN&RB, menurut Krisen, memastikan SK Penetapan Penerimaan CPNS di Sulut akan ditandatangani MenPAN&RB di awal pekan depan, antara Senin atau Selasa. Rapat yang dilaksanakan kemarin, menurut Krisen, adalah agenda pembahasan petunjuk teknis penyusunan formasi, sekaligus perbaikan-perbaikan.

Formasi CPNS Pemprov Sulut sendiri, sempat dibahas. Pasalnya, menurut KemenPAN&RB, usulan Pemprov untuk formasi Pranata Humas, terlalu besar jumlahnya. “Jadi dari KemenPAN mengurangi 4 dari yang diusulkan. Memang cukup banyak yang diusulkan, karena sesuai kebutuhan SKPD-SKPD. Pemprov pun memperjuangkan pengisian 4 formasi untuk pelatih dan atlit terbaik, masing-masing dari atletik dengan anggar,” sambungnya.

KemenPAN&RB, katanya, sempat mempersoalkan pengusulan untuk formasi olahraga ini. Pasalnya, pengalaman lalu, kuota yang diusulkan ternyata tidak memenuhi target. ”Jadi KemenPAN juga meneliti, agar tidak sembarang memasukkan usulan formasi. Kalau hanya alasan untuk memberikan penghargaan, itu tidak cukup. KemenPAN harus melihat output apa yang bisa mereka berikan ketika menjadi PNS,” jelasnya.

Apa jawaban Pemprov? “Kalau kita hendak mengembangkan olahraga atletik atau anggar, kita sudah punya tenaga yang handal, supaya olahraga di Sulut makin berkembang. Itulah alasan kita mengusulkan formasi olahraga ini,” pungkas wanita murah senyum ini.
Sementara Kepala BKD Bolsel Ridwan Ali mengaku, selain sarjana, mereka juga akan merekrut lulusan SMK sederajat. “Kami usulkan ke MenPAN&RB tinggal menunggu Juknis,” kata Ridwan, kemarin. Menurut Ridwan, yang akan direkrut adalah tamatan SMEA dan STM.

Di Sitaro, ungkap Kepala BKDD Sitaro Dantje Palar mengaku KemenPAN&RB menyetujui 69 lulusan SMK asal SMEA, STM dan SMKK untuk Pemkab Sitaro. “Ini hasil resmi yang ditetapkan dan disahkan MenPAN, dan masuk dalam formasi tenaga teknis,” jelas Palar.

Kepala BKDD Sangihe Drs Olga Makasidama, usai mengikuti rapat pembahasan formasi CPNS di Jakarta, kemarin, mengungkapkan, penerimaan PNS jalur SMK yang disetujui yakni sebanyak 28 orang. Pengrekrutan SMK ini akan diambil dari lulusan SMEA, STM dan SMKK. Sedangkan SMA tidak disetujui. “Padahal Pemkab Sangihe mengusulkan sebanyak 10 orang untuk SMA, tapi ditolak pemerintah pusat,” kata Makasidamo. “Usulan SMA emua kabupaten/kota se-Sulut ditolak,” tambahnya.
sumber: www.mdopost.com