Web Hosting

Monday, October 4, 2010

Juknis Turun Minggu Depan

JAKARTA—Petunjuk teknis (Juknis) seleksi CPNS 2010 dipastikan pertengahan Oktober atau pekan depan. Kesiapan daerah pula, terutama anggaran pegawai dan biaya rekrutmen, mempengaruhi cepat lambatnya Juknis turun.
"Cepat lambatnya Juknis turun tergantung daerah. Kalau daerah telah mengajukan kesiapan diri melaksanakan seleksi, pemerintah pusat siap mengeluarkan Juknisnya," tegas Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN&RB) Ramli Naibaho pada Koran ini, Minggu (3/10) siang.
Menurutnya, kesiapan dana menjadi salah satu persyaratan penting lantaran pemerintah daerah dilarang keras meminta biaya pada calon pelamar. Selain itu dalam pelaksanaan CPNS harus menerapkan sistem transparan, bebas KKN, dan objektif. "Daerah tidak boleh hanya mengandalkan dana APBN, tapi anggaran dalam APBD-nya ada tidak? Itu masuk dalam pertimbangan pusat juga karena setiap penerimaan CPNS pasti ada penambahan biaya belanja pegawai," tuturnya.
Dia menambahkan, beberapa daerah yang telah mengajukan usulan untuk penerimaan CPNS, salah satunya Sulut. Atas pengajuan ini, Ramli menyatakan, pihaknya akan mengeluarkan Juknis pada pertengahan Oktober nanti. "Beberapa daerah, termasuk Sulut, sudah siap. Makanya Juknisnya pertengahan Oktober turun," ucapnya.
Data diperoleh, seluruh pemerintah daerah di Sulut: 15 kabupaten/kota bersama Pemprov Sulut telah mendapat jatah 3.455 orang. Jumlah ini merupakan kuota yang telah disetujui MenPAN&RB sejak pertengahan Agustus lalu. Demikian pula dengan formasi jabatannya, sudah disetujui MenPAN&RB.
Bagaimana dengan daerah yang belum siap? Menurut Ramli, pihaknya memberikan kesempatan pada pemerintah daerah hingga awal Desember. Sebab, akhir Desember proses perekrutan sudah harus selesai.
Berbeda dengan daerah, instansi pusat telah melaksanakan seleksi CPNS sejak September. Sebut saja Kejaksaan Agung, BKN, Kemenkeu, BPKP, dll. Soal ini, kata Ramli, karena instansi pusat lebih cepat mengajukan usulan ke Kementerian PAN&RB. Sedangkan daerah lebih sulit karena jumlahnya lebih banyak dan punya karakteristik yang berbeda juga.

Usulan Kuota CPNS 2010
PEMPROV SULUT 128
MANADO 217
TOMOHON 214
MINAHASA 25
MITRA 240
MINUT 208
MINSEL 265
BOLMONG 304
KOTAMOBAGU 280
BOLMUT 219
BOLTIM 219
BOLSEL 270
TALAUD 291
SITARO 289
SANGIHE 286

Jumlah 3455

sumber: www.mdopost.com