Web Hosting

Wednesday, February 17, 2010

CPNS Minut Pertanyakan Gaji Bulan Januari

Ratusan CPNS rekrutan tahun 2009, mulai was-was dan mulai mempertanyakan komitmen Pemkab Minut yang dipimpin Drs Sompie SF Singal MBA. Pasalnya informasi dirangkum Komentar dari sejumlah CPNS yang disebar di 10 kecamatan di Minut, meski mereka kerja sejak pertengahan bulan Januari 2010, dengan TMT 1 Januari 2010, justru Pemkab Minut menghitung pembayaran gaji mereka terhitung 1 Februari 2010. Dengan demikian, kerja mereka sejak Januari 2010 tidak dihitung Pemkab Minut.

Rasa was-was mereka terungkap ketika mereka mendapatkan informasi di Sekretariat Daerah, bahwa kinerja mereka pada bulan Januari 2010 tidak dihitung dan akan menerima gaji per 1 Februari 2010. Padahal dalam angan-angan mereka pada Februari 2010 ini mereka akan menerima gaji untuk dua bulan kerja sebagaimana SK yang diterima mereka.

Bahkan mereka menyinggung pernyataan pejabat Pemkab Minut saat pembekalan-pembekalan lalu bahwa mereka akan menerima gaji terhitung Januari 2010. “Jujur saja kami kecewa jika gaji Januari 2010 tidak dibayar, padahal kami kerja sejak 7 Januari 2010. Bahkan kami sekeluarga so ba kost supaya dekat tempat tugas. Dengan harapan akan terima gaji per Januari 2010 untuk bayar kontrak rumah dan persiapan membayar diklat Maret 2010 ini,” tukas salah satu CPNS.

Menurutnya, jika mungkin mereka tak kerja sejak januari, mereka juga tahu diri tidak me-nuntut macam-macam. “Tapi ini so kerja nda dihargai, kami mo-hon Pak Bupati Minut membijaksanai masalah ini, sebab jujur saja keluarga kami bukan orang mampu, kami sudah berkorban pinjam duit bayar kon-trakkan dengan harapan dapat ditutupi saat terima gaji perdana ini,” ungkap CPNS tersebut de-ngan mata berkaca-kaca.

CPNS lainnya juga mengungkapkan kekhawatiran mereka akan dikemanakan gaji CPNS bulan Januari 2010 tersebut. “Kalau mau dihitung, nominalnya nyaris Rp 1 miliar atau diatas Rp 500 juta. Yah…mau bagaimana lagi jelas kami ragu komitmen Pemkab Minut, dan kami harap Pak Bupati tolong kami, perjuangkan hak-hak kami jangan sampai disalahgunakan, kami punya tanggungan keluarga,” ungkapnya sambil meminta namanya disimpan.

Bendahara Setdakab Minut Telly Pandean pun tidak menampik informasi terserbut. Ketika dikonfirmasi mengenai hal itu, Pandean mengakui bahwa kemungkinan CPNS 2009 menerima gaji terhitung Februari bukan Januari.

“Mungkin mereka (CPNS, red) nanti terhitung februari,” ungkap Pandean.

Lebih lanjut ditambahkannya, hal itu disebabkan karena kerja perdana CPNS tidak bersamaan. Ada yang mulai kerja tanggal 7 Januari dan ada yang me-laksanakan tugas setelah tanggal 7. Begitu juga sejak ditempatkan, banyak keluhan dan alasan dari CPNS. “Masa-lah itu masih akan dikordinasi-kan dengan Kadis PPKA,” jelasnya.

Sementara itu Kadis PPKA Drs Jorry Dodie ketika dikonfirmasi mengatakan, hal itu masih akan dilihat dulu pada anggaran di APBD. Sehingga sampai sekarang ini gaji CPNS belum dapat memastikan apakah akan terhitung februari atau januari. “Saya masih akan melihat dulu anggaran APBD, dan belum dapat memastikan,” kata Dodie.
Sementara Ketua Komisi A DPRD Minut Henry Walukow menegaskan dewan akan menindaklanjuti hal tersebut. “Kami tahu gajin CPNS tersebut ditata dalam APBD 2010, genap 12 bulan bukan 11 bulan. Ini temuan jika diberlakukan Pemkab Minut membayar gaji CPNS terhitung Februari 2010. Kami akan mengawal hal ini,” kunci Walukow.

sumber: www.hariankomentar.com