Sunday, August 29, 2010

Pendaftaran CPNS Kanwil Hukum dan HAM Telah Dibuka

MANADO—Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulut tahun ini mendapat jatah 86 CPNS. Dan 50 di antaranya adalah formasi untuk pengamanan pemasyarakatan atau sipir penjara. Pendaftaran dimulai 27 Agustus lalu hingga 31 Agustus besok.

Menariknya, untuk formasi ini yang akan diterima minimal lulusan SMA/sederajat. Selain formasi sipir ini, untuk lulusan SMA/sederajat, dibuka kesempatan untuk jabatan agendaris, penjaga imigrasi, dan pemeriksa dokumen lintas batas. Pemegang ijazah Paket C juga berhak melamar.

Untuk formasi-formasi SMA/sederajat ini, usia pelamar minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun pada 1 Desember 2010. (infomasi selanjutnya lihat situs www.depkumham.go.id).

Menariknya, meski MenPAN tidak menyetujui usulan formasi untuk pendidikan minimal SMA/sederajat, tapi Pemkot Tomohon mengajukan usulan penambahan formasi CPNS untuk formasi jalur SMU/SMK sebanyak 264 kursi ke MenPAN. "Untuk usulan penambahan kursi sudah dimasukkan ke MenPAN. Sekarang tinggal menunggu jawaban apakah disetujui atau malah dikurangi,” aku Kepala BKD Drs Alex Uguy MSc, akhir pekan lalu. Padahal, sebelumnya MenPAN telah menjatahi Pemkot sebanyak 214 kursi.

Kaban BKDD Mitra Robby Ngongoloy menjelaskan, pihaknya sudah mengajukan formasi yang dibutuhkan, termasuk yang akan diisi oleh lulusan SMA. Formasi CPNS 2010 sebanyak 240 tidak ada perubahan jumlah, hanya ada beberapa perubahan formasi yang sesuai dengan kebutuhan. ”Kami juga masih berharap SMA/SMK masuk formasi,” katanya.

Kepala BKDD Bolsel Ridwan Ali juga mengakui lulusan SMA yang diajukannya ditolak MenPAN dan RB. “Dari hasil konsultasi, penerimaan CPNS tidak mengakomodir tamatan SMA. Hanya sarjana,” ujar Ridwan. Sekadar referensi, penerimaan CPNS di Bolsel terdiri atas tenaga guru 139 orang, tenaga kesehatan 103 orang serta tenaga teknis hanya 90 orang.

Di Minut pun demikian. CPNS yang akan diterima 208 orang minimal lulusan D3 dan S1 “Mungkin penerimaan lulusan SMA itu hanya ada untuk tenaga honor daerah,” kata Martino Dengah, Kepala BKD Minut.

Kepala BKD Kotamobagu Idris Manoppo saat dihubungi kemarin mengatakan, dirinya sama sekali belum mendapatkan informasi terkait formasi SMA disetujui MenPAN atau tidak. “Kami terus melakukan lobi dan sampai saat ini masih menunggu,” ujarnya.

Sedangkan 30 CPNS untuk Pol PP di Pemprov Sulut, tidak disetujui dari lulusan SMA. Menurut informasi di BKD Sulut, MenPAN hanya mengakomodir lulusan D2. “Kita tidak bisa bikin apa-apa, karena MenPAN yang menentukan,” ungkap seorang pejabat di BKD Sulut.

Sekadar diketahui, proses rekrutmen CPNS 2010 masih berkutat di Jakarta yakni tahapan pengajuan formasi CPNS dari daerah, termasuk Pemprov dan Pemkab/Pemkot se-Sulut. "Kami minta pemda yang ingin melakukan seleksi CPNS secepatnya memasukkan berapa kebutuhan aparaturnya karena tenggatnya hanya sampai 31 Agustus (besok, red)," tegas Deputi SDM bidang Aparatur Negara Kementerian PAN&RB Ramli Naibaho, pekan lalu

Kata Ramli, lama tidaknya penetapan formasi CPNS tergantung kecepatan daerah mengusulkan. Dia mencontohkan, jika daerah mengajukan usulan pada akhir Juli, maka Agustus sudah bisa ditetapkan formasinya. Sebaliknya bila diajukan pertengahan atau akhir Agustus, penetapannya nanti September. "Normalnya untuk penetapan formasi hanya makan waktu tiga minggu," ucapnya.

Yang lama, lanjut Ramli, kalau daerah mintanya macam-macam. Sebab, jika sudah diberi formasi, takkan bisa lagi diubah daerah. "Sudah kebiasaan pemda suka berubah-ubah kemauannya. Diberi A, maunya B, C dan D. Padahal penetapan formasi dilakukan melalui tahapan kajian dan analisis kebutuhan. Jadi bukan asal tembak saja," tuturnya.

Lantas bagaimana jika ada daerah yang hingga 31 Agustus belum memasukkan usulan formasinya? "Terpaksa tidak kami proses dan dianggap tidak membutuhkan penambahan aparatur. Menkeu kan hanya memberikan kuota PNS daerah 225 ribu orang. Jadi kami hati-hati dalam menetapkan formasi," pungkasnya.

Soal pengajuan kembali formasi CPNS berdasarkan kuota yang ditetapkan MenPAN, pemda di Sulut sudah menindaklanjutinya. Ada sejak pekan lalu, ada juga yang akan menyusul sebelum tenggat yang ditentukan.
sumber: www.mdopost.com