Web Hosting

Wednesday, March 30, 2011

Pemkot Manado Upayakan Akomodir Lulusan SMA

Pemkot Manado tetap akan berupaya agar pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini bisa mengakomodir pelamar lulusan SMA. Upaya ini sendiri menurut Wakil Walikota Harley AB Mangindaan SE MSM akan diawali dengan melakukan koordinasi langsung bersama Kementerian PAN-RB di Jakarta.

“Pemerintah akan berkoordinasi lagi dengan KemenPAN soal bisa tidaknya kita merekrut pelamar SMA pada penerimaan CPNS tahun ini. Pemkot sendiri akan berupaya agar pelamar lulusan SMA diberikan peluang,” ujar Ai sapaan akrabnya kepada wartawan di kantor pemkot, Rabu (30/03).

Hanya saja menurut wawali, status kota dalam suatu daerah seperti Kota Manado selayaknya mengakomodir pelamar CPNS minimal lulusan D3. Dan menurut dia kebijakan dari KemenPAN-RB tersebut telah dipertimbangkan sebelumnya. “Kita memang agak lebih di atas sedikit. Ini karena di Manado atau beberapa kota/kabupaten lain telah memiliki universitas sendiri, bahkan jumlahnya lebih dari satu. Dan kemungkinan untuk lulusan SMA diberikan kesempatan untuk daerah kabupaten lain, seperti halnya di daerah kepulauan,” kata Ai yang saat itu didampingi Sekkot Harold PB Monareh SH MSi sembari tetap berharap agar Manado bisa mengakomodir pelamar CPNS lulusan SMA.

MenegPAN-RB, EE Mangindaan diketahui memberi syarat bila pada penerimaan CPNS tahun 2011 ini, tidak akan lagi mengakomodir lulusan SMA. Sedangkan ijazah minimal yang harus dikantongi pelamar adalah sarjana diploma tiga (D3). “Hasil rapat dengan BKN seperti itu,” ujar Mantan Gubernur Sulut itu. Sementara, Wakil Ketua DPRD Manado James Karinda SH MH menilai kebijakan tersebut merupakan bentuk pendeskriminatifan kepada warga yang hanya mampu menggapai pendidikan sampai tingkat SMA. “Kebijakan itu perlu ditinjau dan dikaji lagi. Pemerintah harus tetap memberi kesempatan kepada lulusan SMA untuk bisa menjadi abdi negara. Lulusan SMA juga adalah warga negara yang berhak bekerja untuk negara,” tegas Karinda.

sumber: www.hariankomentar.com