Web Hosting

Thursday, December 16, 2010

Kepala BKD Provinsi SULUT Beber Kunci Lulus Tes

Menyambut ujian tertulis CPNS yang digelar serentak di Sulut, Jumat (17/12) ini, Kepala BKD Sulut Drs Meiki Marten Onibala (M2O) tiba-tiba mengungkapkan kunci agar CPNS bisa lulus kepada wartawan. “Berdoa, belajar serta bekerja dalam mengisi soal CPNS. Ini adalah kunci utama agar bisa lulus menjadi CPNS. Jadi harus percaya diri sendiri,” ujar Onibala.
Dirinya juga mengingatkan kepada para pelamar CPNS, agar jangan sekali-kali mempercayai calo-calo CPNS yang mengatasnamakan pejabat. “Kalau percaya calo itu salah sendiri. Saya tegaskan, Gu-bernur saja tidak bisa men-jamin kelulusan seseorang. Itu semua harus tergantung hasil seleksi ujian CPNS,” ingatnya.

Kamis (16/12) kemarin, Onibala meninjau langsung lo-kasi-lokasi ujian CPNS dan memantau persiapan pelak-sanaan ujian. Bahkan pejabat yang dikenal low profile ini menempel langsung kartu ujian di lokasi.

“Saya harus persiapkan secara matang pelaksanaan ujian CPNS,” tambahnya.
Sementara itu, agenda Gu-bernur Sulut Drs SH Sarun-dajang direncanakan akan membuka soal secara resmi di kantor gubernur. “Rencana-nya pak gub akan membuka soal secara resmi di kantor gubernur,” tutup mantan Penjabat Bupati Minsel ini.

HANDPHONE
Pelaksanaan ujian bagi pelamar CPNS serentak dimulai pukul 09.00 ini. “Ujian CPNS dimulai jam 09.00 WITA dan selesai jam 11.00 WITA. Selama dua jam peserta ujian akan mengisi jawaban ber-jumlah 100 soal,” ujar Onibala didampingi Sekretaris Flora Krisen SH MH.

Para peserta ujian dilarang membawa handphone saat se-dang mengerjakan soal. “Kalau ada yang bawa handphone, akan dikumpul. Tidak bisa dibawa saat mengerjakan soal,” tambah Onibala.
Diingatkan juga kepada pe-serta untuk membawa perlengkapan alat tulis saat ikut ujian nanti. “Jadi peserta wajib membawa pensil 2B, penggaris, papan pengalas dan ATM lainnya,” tutup Onibala dan Krisen.

Usai ujian, seluruh Lembar Jawaban Komputer (LJK) ha-rus langsung diperiksa. “Seperti yang ditegaskan pak gub, LJK harus langsung diperiksa. Jangan diinapkan karena akan timbul kecurigaan,” ingatnya.

Untuk pemeriksaan jawaban ada delapan kabupaten/kota yang akan memeriksa di pemprop. “Sesuai permintaan, ada delapan daerah yang akan memeriksa jawaban di Pemprop. yakni, Kabupaten Minsel, Mitra, Bolsel, Minahasa, Kota Kotamobagu, Sangihe, Talaud, Sitaro dan pemprop sendiri. Nantinya akan diperiksa lebih dulu adalah pemprop dan secara berurutan daerah lain. Kami akan bekerja sampai malam, bahkan subuh,” ujar Onibala dan Krisen.

Pemeriksaan LJK nanti akan dilakukan secara transparan dan disaksikan anggota DPRD, pihak kepolisian, LSM, insan pers dan masyarakat umum. “Jadi, untuk pemerik-saan jawaban akan dilakukan terbuka. Ini bukti bahwa pe-laksanaan ujian CPNS adalah transparan.’’ Selain itu diingatkan kepada daerah-daerah yang ingin memeriksa sendiri LJK, agar langsung diumumkan.

sumber: www.hariankomentar.com