Web Hosting

Friday, September 17, 2010

Pusat Tetapkan, Bulan Oktober Penerimaan CPNS Dibuka

Pemerintah pusat akhirnya menetapkan jadwal penerimaan CPNS 2010. Namun Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menneg PAN&RB) hanya menentukan seleksinya dimulai Oktober dan paling lambat Desember. Mengenai tanggal pelaksanaan ditentukan masing-masing pemrintah daerah.

"Seleksi CPNS sudah bisa dimulai Oktober khusus bagi daerah yang sudah siap melaksanakannya. Sedangkan bagi yang belum siap bisa melaksanakan di bulan lain, asalkan tidak lewat Desember," tutur Deputi SDM bidang Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kementerian PAN&RB Ramli Naibaho.

Dalam seleksi CPNS prinsip objektivitas, transparan, sesuai kompetensi, zero KKN, dan gratis menjadi syarat utama. Pelamar pun diminta mengirimkan lamarannya via pos untuk menghindari kontak dengan panitia. "Banyak pengalaman daerah yang masih terjadi KKN, justru menyengsarakan pelamar sendiri. Karena itu untuk menghindari masalah, penerimaan CPNS dilakukan sesuai aturan," sarannya.

Di sisi lain, hingga saat ini Kementerian PAN&RB masih menggodok rincian jabatan serta pendidikan formasi CPNS 2010. Kendati kuota CPNS sudah ditetapkan dan diteken Menneg PAN&RB EE Mangindaan pada Agustus lalu, namun rincian jabatan belum semuanya tergarap. "Bagaimana bisa digarap, kalau daerah belum memasukkan rincian jabatan untuk kebutuhan PNS daerah. Misalnya, tenaga guru dan dokternya berapa, pendidikannya apa, dll," tutur Ramli.

Penetapan kuota CPNS, jelasnya, bukan akhir dari proses perekrutan tenaga aparatur. Begitu kuota ditetapkan dan diserahkan ke daerah, pemda harus secepatnya mengembalikannya lengkap dengan rincian. Dia mencontohkan daerah A diberikan kuota 500 CPNS. Dari kuota itu kemudian dirinci apa saja formasi yang dibutuhkan pemda. Misalnya tenaga guru 100 orang, dokter 10, akuntan 4, penyuluh 4, dll. Setelah rincian jabatan dan pendidikan ditentukan daerah, kemudian diusulkan ke pusat untuk digodok lagi. "Nah, sekarang ini baru tahap penggodokan. Memang ada yang sudah ditetapkan rincian jabatannya, salah satunya Sulut. Namun masih banyak juga daerah yang belum dibahas karena belum memasukkan rinciannya," bebernya.

Diapun mengimbau daerah-daerah untuk secepatnya memasukkan rincian jabatannya. Pasalnya, akhir September analisa jabatan dan pendidikan untuk kebutuhan CPNS tahun ini sudah harus diselesaikan.

Sementara itu dari data persetujuan kuota CPNS 2010, untuk Sulut sebanyak 3.151 kursi, belum termasuk Bolmong. Yakni, Sulut 128, Mitra 240, Minahasa 25, Tomohon 214, Kotamobagu 280, Minut 208, Sangihe 286, Talaud 291, Sitaro 289, Bitung 204, Manado 217, Boltim 267, Bolsel 270, dan Bolmut 219.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Flora Krisen mengaku Pemprov Sulut telah memenuhi syarat rincian jabatan setelah kuota ditetapkan Menneg PAN&RB. “Sementara menunggu persetujuan dari Menneg PAN,” kata Flora.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Manado Hans Tinangon mengaku belum menerima pemberitahuan resmi jadwal rekrutmen CPNS 2010 itu. “Kalau sudah ada, pasti akan ada koordinasi dari provinsi,” ujarnya.
sumber: www.mdopost.com