Sunday, January 20, 2013

Calo CPNS Bergentayangan

Angin segar dari pemerintah pusat, akan segera membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), serta akan diangkatnya Honorer Daerah (honda) Kategori 2 (K2) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), bukan hanya ditunggu-tunggu para pencari kerja maupun para Honda.

Hal ini juga turut dinanti-nantikan para calo spesialis CPNS. Berdasarkan informasi yang diperoleh para calo musiman ini, mulai mendekati para calon korban yang kebanyakan masyarakat, dan Honda.

Tak tanggung-tanggung para calo ini mematok harga dari kisaran Rp50 Juta sampai Rp 75 Juta, per formasi untuk CPNS, dan Honda dipatok Rp35 Juta sampai Rp45 Juta. Selain itu calo-calo ini dengan terang-terangan mempergunakan nama BKDD Mitra,  sebagai perwakilan dari tersebut.

Ketika dikonfirmasi ke Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Mitra Phebe Punuindoong, dirinya tak mengelak terkait adanya informasi tersebut. "Ia, sudah beberapa masyarakat dan Honda yang menanyakan soal adanya informasi tersebut," katanya. 

Selain itu kata Punuindoong, dirinya ataupun para staf di BKDD tak pernah menghubungi masyarakat maupun Honda untuk mengiming-imingi akan diangkat menjadi PNS di Mitra. "Saya maupun bawahan di BKD tidak pernah menghubungi atau menjanjikan adanya pengangkatan pegawai apalagi dengan embel-embel uang," jelasnya.

Punuindoong mengharapkan masyarakat maupun honda, jangan terjebak dengan informasi tersebut. "Kalau ada pengangkatan pasti akan diberitahukan. Prosesnya dilakukan berdasarkan mekanisme resmi," katanya.

Sementara itu salah satu Honda yang enggan namanya dikorankan, menuturkan dirinya pernah mendapatkan informasi tersebut, dan langsung mengecek ke BKDD. "Saya sempat dapat infonya, karena penasaran langsung cari informasi ke BKD, ternyata tidak ada.

Saya waktu itu ditawari 40 juta langsung diangkat," katanya. Khusus di Mitra sendiri saat ini jumlah Honda mencapai 791, dan formasi yang akan diusulkan ke pemerintah pusat untuk penerimaan CPNS secara reguler berjumlah 250 formasi.

 

Sumber: ManadoPost